Komunikasi Dalam Lontar Tattwa Dhangdhang Bang Bungalan
upanisad credit patembayancitralekha.com |
PENDAHULUAN
Ajaran agama Hindu bersumber pada wahyu Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa melalui para resi yang terhimpun dalam kitab suci Veda, yaitu Reg Veda, Sama Veda, Jayur Veda dan Atharwa Veda. Ajaran agama Hindu tersebut mencakup berbagai kehidupan beragama sebagai dasar kepercayaan terhadap Tuhan yang meliputi tattwa (filsafat), susila (etika) dan upacara (ritual).
Perkembangan agama Hindu dari masa ke masa dari suatu tempat ke tempat yang lain, sudah barang tentu banyak terpengaruh oleh lingkungan setempat sebagai akibat penyesuaian diri dengan situasi dan kondisi dimana agama Hindu berkembang, sehingga corak luar agama Hindu bervariasi dan tampak berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan itu tidak menyebabkan perubahan prinsip atau kebenaran yang menjadi inti ajaran (tattwa). Tattwa yang terdapat dalam ajaran agama Hindu pada dasarnya sama. Tattwa didasari ajaran Veda. Semangat ajaran Veda meresapi seluruh ajaran agama Hindu. Laksana sumber air yang yang mengalir terus melalui sungai-sungai yang panjang, sepanjang abad melalui daerah-daerah yang amat luas. Perkembangan ajaran agama Hindu menuju daerah ang begitu luas sehingga wajah dapat berubah namun inti ajarannya dimana-mana selalu sama.
Masyarakat sekarang berkembang, berubah dari petani agraris ke masyarakat kompleks industri informasi. Perubahan ini terepleksi dalam kehidupan beragama yang disesuaikan dengan tuntutan zaman. Hal ini melingkupi pelbagai bidang. Untuk pencapaian hal tersebut diperlukan adanya pemahaman kepada masyarakat, pendidikan yang lebih kondusif bagi kehidupan serta nilai dan ajaran agama itu sendiri. Pemahaman terhadap hakikat ajaran tattwa sangat sulit bagi masyarakat pada umumnya, oleh karena itu diperlukan pemahaman bertahap. Umat Hindu dituntut mempelajari ajaran agama agar mampu meningkatkan pelaksanaan ajaran agama secara mendalam yang bersumber pada sastra-sastra agama Hindu. Kitab suci Veda mengalirkan ajaran agama Hindu melalui kitab-kitab susastra Hindu pada masa berikutnya. Kita Veda mengalirkan ajaran pada kitab-kitab Smerti, Itihasa, Purana Upanisad, kitab Tantra, Darsana, dan Tattwa-tattwa yang dituangkan melalui lontar-lontar yang merupakan khazanah warisan budaya umat Hindu, yang dipakai pedoman oleh para tokoh agama Hindu di Bali. Kepercayaan masyarakat Hindu terhadap sumber sastra kuno tersebut tetap menjadi sumber pokok untuk pelaksanaan kegiatan keberagamaan bagi kehidupan masyarakat Bali. Patut disyukuri bahwa berbagai peninggalan warisan budaya berupa lontar yang mengandung nilai-nilai ajaran agama yang diturunkan oleh para tokoh-tokoh kerohanian kepada umat, untuk dipahami, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Begitu juga dengan lontar Tattwa Dhangdhang Bang Bungalan yang merupakan teks tutur sarat dengan ajaran kanirasrayan, kelepasan yang bersifat Siwa-Buddha. Dhangdhang Bang Bungalan menjelaskan kepada anaknya Sang Saptati, bahwa ada dua kelompok keyakinan yang dianut orang, yaitu aliran yang tergolong kabuddhayan dan aliran yang tergolong kanirasrayan. Kabuddhayan sebagai suatu jalan untuk mencapai alam sunya, tetapi masih tejadi proses inkarnasi karena masih adanya harapan-harapan dalam pelaksanaannya. Kanirasrayan adalah suatu jalan untuk mencapai kalepasan dengan tidak terlahirkan kembali. Untuk dapat bebas dari kesengsaraan kita harus mengetahui diri yang sejati adalah Sang Manon, inilah yang menjadi tujuan hidup wiku sejati. Cara mencapainya adalah dengan melakukan penyengkalan diri, menyadari bahwa tidak ada sesuatu apapun yang menjadi milik seseorang. Semua yang tampak dalam wujud beraneka ragam ini adalah milik-Nya,
Sebagai umat Hindu adalah menjadi kewajiban suci dan mulia untuk dapat berbhakti dan hormat kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Siapapun dia bahwa kewajiban suci itu merupakan hal yang utama dan diprioritaskan dalam kaitannya dengan kehidupan Beragama Hindu, baik secara perorangan dan kebersamaan. Guna dapat melaksanakan kewajiban mulia dalam kehidupan beragama tersebut, maka setiap insan umat Hindu diharapkan memiliki tanggungjawab dan berusaha untuk dapat memahami dan menerangkan isi ajaran agama Hindu dengan baik. Ajaran agama Hindu salah satunya berasal dari susastra kuno yakni lontar-lontar yang isinya masih sangat relevan dengan zaman kekinian. Tradisi nyastra harus dibangkitkan supaya susastra yang sarat dengan ajaran-ajaran agama Hindu dapat disebarluaskan dan dipahami makna yang terkandung didalamnya. Jika bukan kita yang mempelopori, siapa lagi?
Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis merasa penting untuk mengkaji lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan yang sarat akan ajaran-ajaran agama Hindu. Dengan demikian ajaran-ajaran agama Hindu yang masih sangat relevan itu dapat disebarluaskan untuk menambah pengetahuan umat Hindu dan mempertebal sradha dan bhakti terhadap Tuhan Yang Maha Esa atau Sang Hyang Widhi Wasa.
A. Teks Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan
1.b. Awighnamastu
Hana sira wuwusan sang walaka resi jnana, sang matapa ring rajya, sang mahyun tuminggalakna tuminggalakna prayojananging suka wahya, sang kumingkin waluya ring jati nirmala sunya tunggeng, kinama sang apatra Dhangdhang Bang Bungalan, sang aparab tan len , hana ta anak nira jalu-jalu, sang makasir-kasir macan angudag, anom listuhayu, sira ta maka ngaran sang Saptati.
Sira ta umandhem anembah ri sang adya bapa, tumakwanaken saprayojananing aji-saji, pisaningu mwang haraning aji, tlas karuhun prayojananing sang wiku. Yatika tinak wanaken sang Saptati, ri sira sang yayah, sang aparab tan len. “Uduh, tanga-tangan panembah ipun Sang Saptati, ahyun warahen ri kalinganing eyopadesa, -/-
2.a. lawan prayojananing aji-saji, tlas karuhun sakwehning sadhya paksa sang wiku, marapwan hilanga sangsayaning siranak sira mwang wikalpa sandheha”. Mangkana ling sang Saptati, teher umendhek manembah ri padanira sang yayah.
Sumahur sang aparab tanlen : “Aum anaku sang Saptati, alupa kami tuturen kami dentanaku, karuhun prayojana, ri patakwanta, mekan-ekan sanghyang Dharma ri kami. Pisaningun prayojananing aji-saji mwang ring eyopadesa, tlas karuhun sakweh sadhya paksa sang wiku. Pahenak denta rumengo sabdha mami, sang Saptati.
Dwitiye paksayet bhiksu ,
buddhayenanir asrayam,
buddhaye bahu bhawasam,
kriye bhede prakirttitah.
Kalinganya, sang Saptati, rwa paksa sang wiku, nga.
Lwirnya : kabuddhayan lawan kanirasrayan.
Ikang kabuddhayan paksa, yati- -/-
2b. ka magawe bhrantaning tuminghal, ri kwehning bhawanya lawan ulahnya. Mapa lenan ika halnya. Tan kinawruhan kwehning bhawa lawan ulah. yata bhawanya, pating baranang, pating barenong. Sabdhanya pating pereset, pati paran-parani, pati susup-susupi. Yatika magawe bhrantaning tuminghal, ri kwehning bhawanya lawan ulahnya.
Mapa lenan ika?. Lwirnya : kabuddhayan.
Kabuddhayan nga. bang, putih, hireng, kuning, bhiru, hijo, dadu, jingga, de sang guru amarahi ring sisyanira kabuddhayan ika, kadungkapaning prayojana ring niskala.
Mangkin sangsaya sang sisya, apan ikang kabuddhayan winarahaken ira Jnana kabuddhayan ngaranya, jnana kapasuking subha-subha prawrtti.
Hana paksa waneh, Mahasadhaka ngaranya -/-
3a. mabhairawa mareng smawates, mamangan kunapa, rudhira mangsa, raja mangsa, lembu, krwak, karung, ula sawah, mong, gajah, warak, sapaniskaraning satwa purwwa ta pinanganira, siddhanta rakwa denya mangan ika, ade ika, kabuddhayan ika.
Muwah sang manggong brata siddhanta paksa, nitya mabrata, kabuddhayan ika.
Hana ta paksa waneh, Homa yadnya ngaranya, kapujan Sng Hyang Siwagni, minyak, pehan, madhu, lengha, uyuhing lembu, ya panca gawya ngaranya. Mwang sarwwa wija, sarwwa phala, lawan samit saprakara, pinujaken ri Sang Hyang Siwagni ring kundha, kabuddhayan ika.
Hana ta paksa waneh, hesuk, tngahe, sore, masuci, laksana, trisandhya, nga. Mwang waneh mabhasma, mantra tiga A, U, Ma, hinunyaken, ya tri ika, Sandhi kapatin, nga.
3b. -/- kabuddhayan ika
Hana waneh, ikang mamangan mangembang, mangunyit, mamangan mewak uyah areng, mamangan mamantra mudra, kabuddhayan ika.
Hana ta paksa muwah, Utpti kajanma, nga. Ikang manah mangalpana ri wisayanya, patmining suklaswanita, ika winehan kumanaka, kabuddhayan ika, uttama kajanma ika.
Ajnana, nga. sarira awaking supna laksana, ikang amisesaken ipyan, kabuddhayan ika.
Yoganta nga. jnana keket denya Samadhi, kabuddhayan ika.
Anguttarapada, nga. jnana agong adana punya, humarep-harep olihing dananya ring niskala, kabuddhayan ika.
Kabuddhayan jnana, nga. ikang mangaku kaprabhun, kabhuddhayan ika.
Nirbahana laya, nga. angher ing alas, sumandhaha ring kayu, suksma -/-
4a. sumadhya pawak bhatara, kabuddhayan ika.
Nihan tang wisaya langguking kasaktin, dadi karanjingan kabuddhayan ika.
Janma sangketa, nga. ikang jnana keket dening pagawenya hala hayu. Ndan lingnya, dadi dewa, dadi bhatara iki mangko bhatara, ika lingnya, kabuddhayan ika.
Anilatmaka, nga. amisesaken bayu, kabudhayan ika.
Mayatmaka, nga. jnana misesaken sunyataya, mwang paramartha, kabuddhayan ika haranya kabeh. Mangkana ling nira sang apatra Dhangdhang Bang Bungalan, mawarah ryanak nira.
Sumahur sng Saptati, uwaca lingnira : “Manembah siranakira pwangkulun, punapa pwagkulun kang tan kabuddhayan?. Ikang tan waluybhawacakra karika pwangkulun?.
Mangkana ling sang macanangudag.
Sumahur sang yayah, ling nira : Singgih -/-
4b. sabdhanika tanayangku, waluy-waluy bhawacakra ikam apan hana inistinira ring jnananira, tan katolih kang kanisrayajnanan, apan katusti dadinya, apan kapasuking mangaku mawaka jnana. Winalingnya tan hana tatwa wisesa lena sangke rika, matangyan akweh kang mapaksa mangkana waluy-waluy juga mangkana”. Mangkana ling sang apatra Dhangdhang Bang Bungalan, marah yyanaknira.
Matakwan muwah sang Sapati ri sang yayah, lingnira:
“Mapa pwangkuln kapanggihan ikang tatwa wisesa, mwang putusing kawikun denira sang pandita. Mapa Ikasira, mwang mapa ulahira, mapa panglinggane sira?. Kawruhana, kasihana pun Saptati, warahen ri kalinganing aji”.
Mangkana ling sang macanangudag.
Sumahur sang yayah, lingnira : “Rengon slokanya:
Nah siddhinah saktincewat -/-
Manawijnana mohitam,
Nadhiram nanca suranca,
Na suklinacani grahah.
Kalinganya, anaku sang Saptati, apa denira manengera sang tuhu wiku ngaranira. Apan tan hana panenggeranira, nga. Tan ikang siddhi panengeran-nya sang tuhu wiku. Kasakti, nga. Tan ikang kasaktin panengeranya sang tuhu wiku.
Manawijnana,nga. Tan ikang kaprajnanan panengeranira sang tuhu wiu.
Mohitam, nga. Tan ikang apunggung panengeranira sang tuhu wiku. Ngaranya.
Masuranca, nga. Tan ikang kasuran panengeran ta sang tuhu wiku.
Na sukli, nga. Tan ikang tan parabi panengeran ta sang tuhu wiku.
Mancanigraha, nga. Tan ikang arabi panengeranta sang tuhu wiku.
Kalinganya wuwus mami sang Saptati, durlabha, nga. eweh tuduhen sang huwus manengeranya”. Mangkana ling sang yayah.
Matakwan muwah sang Saptati, teher manembah ri padanira sang yayah : “Mangkin hemeng manah ipun Saptati -/-
5b. rumengo wuwusing Ibu talapaknira pwangkulu. Mapa pwa dening tumuduheng sira sang tuhu wiku, tan ikang homahning, tan ikang sakti bhakti, tan ikang duradharsana, tan ikang durasrawana, tan ikang dura sarwwa jnana, tan ikang ajalantara, tan ikang ambara marggha, tan ikang adrsya-drsya, tan ikang aropaya, ikang tuhu kang sineng guhen wiku pwangkulun”. Mangkana ling sang Saptati.
Sumahur sang yayah, sang aparab tan len, lingnira : “Paran pangendahanira yan tuten. Mapan tan paprayoga ikang jnana tiga denira, ngkana tiga ngaranya ikang : bayu, sabdha, idhep, mari winisesaken denira sang tuhu wiku. Apan tan wisesa ya, kinaryya pwa ya de sang yogiswara, ikang tiga jnana. Yata mijilaken subhasubha stawa ring jagat, yata kayogiswaran pa-
6a. nenggah ikang loka ri sira, yata ka -/- duhung ika sang yogiswara dening loka.
Kaiswaryyan, ngaranya : kawasa pwa denira mahasakti ira, jnananira, lumaksana prayoga ngaranya, nem kweh nikang yoga. Patunggalani ngaranya :
Dharana yoga;
Patyahara yoga;
Samadhi yoga;
Pranayama yoga;
Dhyana yoga;
Tarkka yoga;
Dharana yoga, nga. ikang cettanendriya, tan wineh pwa ring wisayanya,kewala dhinaraken juga, mari pwa cumettana ring wisayanya, katemu tarasaning aturu tan pangipi denya.
Patyahara yoga, nga ikang rasendriya, tan wineh agonga ri wisayanya, hineretira sada nitya, winogira ring kanismrettin, ya ta dadi wareg tan pamangan kapuhara denya.
Samadhi yoga nga, ikang rajendriya, ltnya -/-
6b. binyaparaken ing bhuwana, muhara kamatmyan donya.
Pranayama yoga, ngaranya, bayu hinulah-ulah, kinelingaken pasuk wetunya juga, mwang ri kapegenganing bayu, ya ta mamuhara kayowanan ing sarira kapuhara donya.
Dhyana yoga, ngaranya kapaywning tutur langgeng, mahening kapuhara denya.
Tarkka yoga, ngaranya yata mamuhara kaprajnanan ng mangabhyasa yoga. Yatika yoga nem mapalenan, yatika kanista Madhya mottama. Kanista, ngaranya wwang mayoga tan wruh ring kawisesannya, kanistha ika. Madhya ngaranya, sang mahyun, ing subhasubha stawaning jagat, mwang dana punya, bhoga paribhoga, upabhoga kabeh madhya ika. Uttama, ngaranya, sang wruh ring kawisesaning yoga, sada nitya, tan katnger dening jagat, awita mahasarira ta sira -/-
7a. luput ing rupa warnna ta sira, taya wit, luput ta sira sakeng tayaning taya, liwat sakeng nirasrayan, ya uttama yoga ngaranya”. Mangkana ling sag aparab tan len, marah yyanakira
Matakwan muwah sang Saptati, lingnira : “Mapa karikang yoga, tan pangdadyaken ta nirasrayan tan pamanggih pasiddhyanta rika sang manggong yoga, pwangkulun”. Mangkana ling sang macanagudag.
Sumahur sang yayah, lingnira : “Yan atisaya denira ayoga, siddha ika”.
Matakwan sang Saptati muwah, lingnira : “Mapa pwa denira sang wiku sang huwus krtasamaya, tan payoga, tan pasamadhi, tan pajapa, tan pamantra, tan patapa, tan pabrata, tan pamudra, tan pakalya, tan patawur, tan pabhasma, tan pagawe hala, tan pagawe hayu, mapa pwa denira rumehaken jnananira, warahen ranak -/-
7b. ira, kang tatwa jnana mangkana”. Mangkana ling sang Saptati.
Sumahur ang yayah, lingnira : “Paran iki katon de sang Saptati? Kembang tunjung putih punika, hade ikanaku, sabdhanta juga ika manengguh kambang tunjung putih. Paran donta ika? Paran tinon tai ka? Paran tikang manon?”
Sumahur sang Saptati; “Ikang golaka kalih siki, manon pwa rupa warnna pwangkulun.
Sumahur sang yayah, lingnira : “Taha yan ikang golaka kalih siki kang tuminghal, dwaraning panon ta kalih ika, paran ta pwa pinaka panon, nyapan tahan kwa linganta, hana manik sakarjja pari puraka ngaranya, ikang hidhep, yata pinaka panonta ring mata tengen, Manik sakarjjanung widhi ngaranya, Ikang tutur, yata pinaka panonta ring mata kiwa. Wyaktinya, ikang golaka kalih ya ntan panon, ri kalanta yan aturu, -/-
8a. merem ikang golakanta kalih, tan panon kita rupa warnna. Ndah wyaktinya ikang tutur hidhep yan pinaka panon, dre wyaning Sang Manon ika, ya karanani sang wiku, sang huwus man, tan hana winisesakenira, apan kadrewya ikang bayu, sabdha, idhep, mwang tutur, de nira Sang Manon, ya ta matangyan tan winisesakenira ika”
Matakwan muwah Sang Saptati, lingnira : “Mapa rikang bayu, sawiji rika kwehnya?”.
Sumahur sang yayah: “Tuhu tunggal ikang bayu, ndan adudwan prenahnya, muwang ulahnya, hana Pancabayu ngaranya:
Prana;
Apana;
Samana;
Udhana;
Byana.
Bayu prana, ngaranya: ikang bayu metu saking lenging papusuh, ikang masuk-metu ring hirung, hurip den gaweyaken.
8a. Bayu apana, ngaranya: -/-
Ikang bayu mungguh ring poyuh-oyuhan, gawenya mangising mangenyeh, asanggama, mangentut, ya wisayanya.
Bayu samana, ngaranya: ikang bayu umungguh ring hati, kta-kteg, wedi-wedhi maras den gawenyaken.
Bayu udana, ngaranya: ikang bayu mungguh ring wunwunan, kadhapning mata, kedhapning halis, kalawan anuwuhaken kesa.
Bayu byana, ngaranya: ikang bayu mungguh ring sarwwa sandhining sarira, gawenya mangklakwaken manglimbeken sarira, manglungsuraken kayowananing awak. Yatika Pancabayu ngaranya.
Hana Pancabayu, len sangke rika, ya dadi dasabayu ngaranya, lwirnya:
Naga;
Kurmmara;
Krekara;
Dewadatta;
Dhananjaya
Ikang bayu si Naga, mungguh ring sarira, mangulyat, angadeg wisayanya.
Bayu si Kurmmara, mungguh ring awak, agawe keduting sarira wisayanya.
Bayu si Krekara -/-
9a. haneng sarira, awahin-awahem wisayanya.
Bayu si Dewadatta munggwing sarira, harip angob, pikaka wisayanya.
Bayu si Dhananjaya, munggwing sarira, menggah mekeh wisayanya.
Rwa gunaning bayu, sabdha, sparsa, ika katuduhaning bayu molah ring sarira”. Mangkana ling sang Dhangdhang Bang Bungalan, marah yyanakira.
Matakwan muwah sang Saptati: “Mapa karika hidhep, mapra bheda lawan atma pwangkulun?”
Sumahur sang yayah, lingnira: “Anaku sang Saptati, tan lyan ikang hidhep lawan atma, ya bhuddhi, ya manah, ya ambek, ya citta, ya angen-angen, ya jnana, yata patunggalaning atma, ika kabeh, yata Pancatma, ngaranya. Nihan pratyekanya:
Atma;
Paratma;
Niratma;
Suksmatma;
Antaratma.
Nihan lwirnya: -/-
9b. Atma ngaranya, ikang idhep munggwing hati, mangen-angen wisayanya.
Paratma ngaranya, ikang idhep munggwing mata, tuminghaling hala-hayu wisayanya.
Niratma ngaranya, ikang idhep munggwing lidhah, angrasani panganinum wisayanya.
Suksmatma ngaranya, ikang hidhep munggwing talinga, rumengo sabdha wisayanya.
Cettatma ngaranya, ikang hidhep munggwing hirung, angambung gandha abol awangi wisayanya.
Antaratmangaranya, ikang hidhep munggwing kulit, mangidhep panas-tis wisayanya.
Mangkana prayoganing atma, hinenahaken de bhatara, ya Pancatma ngaranya.
Rajendriya ngaranya, manah pinaka retuning indriya, ya pinaka indiya, matangyan paramendriya ngaranya waneh, ikang hidhep munggwing mata.
Cakswindriya ngaranya; -/-
10a. Ikang hidhep munggwing talinga, Srotenddriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing hirung, Granendriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing lidhah Jihwendriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing kulit, Twakindriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing tangan, Panindriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing suku, Padendriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing baga purus, karmendriya ngaranya;
Ikang hidhep munggwing silit, Paywindriya ngaranya.
Yatika hinaranan Dasendriya
Hidhep patunggalanya, yata dumeh hinenahaken de Sang Manon pinaka Rajendriya, manghidhep panas, tis, lara, lapa, suka, duhka”. Mangkana ling sang yayah.
Matakwan muwah sang Saptati, lingnira: “Syapa ta sira Sang apasenggahan Sang Manon, pwangkulun?”
Sumahur sang yayah, lingnira: “Hai sang Saptati, Sang Manon haranira rieng, sang madreya jnana tiga ngaranya -/aptati, sakaton
10b. Jnana tiga ngaranya, bayu sabdha idhep. Tiga sadhana ngaranya waneh. Matangyan hinaranan Tiga Sadhana, apan sadhananira Sang Manon, manghuripi sarwwa bhawa kabeh, maka sadhana ikang bayu, sabdha hidhep. Sarwwa bhawa ngaranya, trena, taru, lata, gulma, sthawara, pasu, paksi, mina, muwah ikang mregha, sarisrepa, pepelika, sakalwiring rumambat kinawruhan ngaranya, makadi, ikanh janma, yata sariranira Sang Manon ika kabeh, yata matangyan manghuripi sarwwa bhawa ngaranya, ika ta kabeh, sang Saptati, sakaton sakarengo denta, molah, mambekan, masabdha, yeka tawak Sang Manon ika, hana sahana katon haneng taya, haneng prathiwi, haneng ranu, haneng tasik, muwah kang haneng akasa, haneng aganal, haneng ngalit -/-
11a. apan sira tan lega masuking alo, manjinging ahet, sira tan sesekan, sira ta sang apasenggahanan Sang Manon, Sang Wisesa ring bayu, sabdha, hidhep. Sang maka drewya ikang tiga jnana”. Mangkana ling sang yayah.
Matakwan muwah sang Saptati, maka drewya ta ganya ikang tiga jana, pwangkulun, denira Sang Manon.
Sumahur sang yayah, lingnira: “Aum maka drehya ika de Sang Manon, pinaka sadhananira manguripi sarwwa bhawa kabeh, yata matangyan tan hana kataman bayu, sabdha idhep, ikang rat kabeh muwang sakwehing sarwwa bhawa kabeh, ya ika sariranira Sang Manon ika kabeh”. Mangkana ling sang maparab tan len, marah ryanaknira.
Matakwan muwah sang Saptati, lingnira: “Mapa rehira Sang Manon, yan angher ring sarwwa bhawa, pwangkulun, Muwang ring sarwwa satwa -/-
11b. mregha, pasu, paksi, mina, taru, lata, gulma, sthawara, sarisrepa, pepelika, kekelika, tan wruh siranakira pwangkulun”.
Summahur sang yayah: “ Anaku sang Saptati, pahenak denta ngrengo sabdha mami, upama Sang Manon, kadhyangganing wwe jawuh tumimba ring bhuwana, tan papilih nggon patibanira, apan padha kinahananing pramana tatwa. Yata matang yan sariranira ikang sarwwa bhawa, tumutaken sasilaning subha-subha karmmanya, yata pasenggahan Sang Manon, adyapi pasarira mregha, pasu, paksi, mina.Mregha, pasu, paksi, mina, pasenggahing wwang ri sira, yan pasarira Sang Manon bahupada, bahupada pasenggahaning wwang ri sira, pasarira pwa Sang Manon, pepelika, kekelika. Pepelika kekelika pasenggahaning wwang ri sira, muwah -/-
12a. pasarira Sang Manon trena, taru, lata, gulma. Trena, taru, lata, gulma pasenggahan ikang wwang ri sira, pasasira Sang Manon sthawara janggama, Stawara, janggama panenggahaning wong ri sira. Ndah peta kanga ran si wwang”.
Mangkana ling sang yayah
Matakwan muwah sang Saptati, lingnira: “Apata karika pwangkulun dudu karika haneng jagat, puniki tuduhen si wwang, pisaningu ta kadi lebu talapakanira, tan yogya ta senggahen si wwang pwangkulun”. Mangkana ling sang Saptati.
Sumahur sang yayah, lingnira: “Ya iku ujaring tanayanku laki, sarirane si wwang haranya, lah ta tuduhen pwa ring awak ta kanga ran si wwang, meweh ika, yadyan sirah ta, matanta, hirungta, talinganta, senggahen si wang ika, cangkemta, lidhahta, senggahente -/-
12b. si wwang ika, muwah tanganta, wetengta, sukunta, senggah en ta si wwang ika, yadyapi awakta, bayunta, hidhepta, sabdhanta, senggahan ta si wwang ika, taha kalinganyanak ku sang Saptati, heweh tuduhen si wwang ngaranya, apan wekasing eweh pinet de nira sang wiku, sang Saptati. Tatan kita dawak amulikin ameting Sang manon, pinet de nira sang brahmana, resi Sewa Sogata, yogiswara, boddha Bhairawa, Sewa Siddhanta, Sang Manon juga pinet nira,
Meweh jatinya kapangguha, tan adoh ika unggwanya. Hana ngke tan kinawruhan, rengon slokanya:
Wicaksuh sat wisrutinam,
Wiwarttyate wisaryyasam,
Wirupam pakyadharinam,
Wigatah jiwitam tatwam.
Lwirnya nihan:
Wicaksuh sat, ngaranya, tan tinon dening mata.
Wisrutinam, ngaranya, tan karengo dening karnna.
Winasika, ngaranya, tan kongas dening hirung.
Wiwarttyate, ngaranya, tan kahucap dening sabdha.
Wisaryyasam, ngaranya, tan karasa.
Wirupam, ngaranya, tan parupa.
Widharinam, ngaranya, tar pagamel tar kasikep.
Wigatah, ngaranya, tar keneng pati.
Wijiwitam tatwam, ngaranya, tan keneng huriping hurip.
Sira ta silib ngaranya, sira ta suksmang iccha ngaran nira, sira ta sinangguh kala luput, ngaranya. Luput Sira saking bhuwana sarira, mapan sira luputing warra, yaya Boddhambara ngaranya, sira ta nirwarna, ya Boddhambara ngaranira, sira ta ri rahasya pwawakira, Tri rahasya, ngaranya: Siwa Sadasiwa, Paramasiwa.
Siwatma tatwa, ngaranya, hidhep ira ika. Sadasiwatma -/- tatwa, ngaranya,
13b. tutur ira ika. Paramasiwatma tatwa ngaranya, umicchaken ikang tutur hidhep, apan hidhepira ikang hidhep, tuturira ikang tutur, yata matanghyan luput sira dening hidhepira. Apan sira wisesa ring tutur, yata matangyan luput sireng angen-angen, luputing ucap, apan sira angucapaken, luput tinunduh, apan sira manuduhaken, luput tinutur, apan sira manuturaken, luputing hidhep, apan sira nghidepaken. Yata matangyan luput juga sira, mapan luput swabhawa nira”.
Rep manembah ta sang Saptati, ri padanira sang yayah, matakwan muwah lingnira: “Mapa rika paworira Sang Manon ring sarira? Kadi punapa kotamanira, yan tuhwawor ing sarira, kemengan pwa ranakira pwangkulun”.
Sumahur sang yayah, -/-
14a. sang apatra Dhangdhang Bang Bungalan, : “Hai sang Saptati, nihan upamanya, kadyangganing wilalang Sang Manon, tumraping pager tan milu pager, tumraping ri tan milu ri, tumraping lemah tan milu lemah, tumraping watu, tan milu watu, hiwa mangkana ta Sang Manon, tumraping bayu tan milu bayu, tumraping sabdha tab milu sabdha, tumraping tutur, tumraping pati tan milu pati, tumraping hurip tan milu hurip, Apa hetu nira yan mangkana. Yan tahankwa lingangtanaku, apan sira maka huriping hurip, ya ta sakaton sakarengo denta, marupa warnna, sahana-hana nika, humor ing taya, humor ing sunya, molah mambekan masabdha, yatika kahananira Sang Manon. Iccha Sang Manon maweh hurip pinaka huripnya. Hai sang Saptati, wruh karika kita kalinganing tan len”.
14b. Sumahur sang Saptati, lingnira: “Wihikan mangke -/- ranakira pwangkulun.
“Ndi ta pawarah kita yan tuhu wruh rikalinganing tan len?”
Sumahur sang Saptati: “Tan len ngaraning tunggal, sang pinaka huriping jagat pwangkulun. Sang Manon juga pinakawak ika kabeh, adyapi teka ri sabrang, ring Malayu, ring Cempa, ring Keling, ring Jambudwipa, ring Cihna, ring Tatar, ring Sundha, ring Bali, ring Buhun, ring Tanjungpura, ring Gurun, ring toil, ring timur, ring Luwuk, ring Mariyung, ring Wandhan, ring Udhama, ring Makasar, ring Burano, ring Solok, ring Malaka, ring Parang, ring Bhima, ring Tambini, makadi Jawa, sakwehning para nusa, wwangnya, tan lyan Sang Manon juga pinaka huripnya, pinakawaking Sang Manon ika kabeh, sira tan len ngaranira, tunggal humibeki bhuwana, ya ta sinangguh tan len awakira -/-
15a. ri sabhuwana, sira ta sng apasenggahan Sang Anunggala ken sabhuwana, tan mangkana karika pwangkulun?
Sumahur yayah nira, lingnira: “Aum anaku sang Saptati, iya sanggup tanaku, sira ta sang manunggalaken sabhuwana, nihan ta upamanira, Kadyangganing manuk Sang Manon, miber tan pahelar, melesat tan pasuku, manon tan pamata, mangrengo tan pakarnna, mangambung tan pahirung, mangucap tan patutuk, mangrasa sad rasa tan pahilat, manggam bel tan patangan, lumaku tan pasuku, tan papurus, tan panak, yaya wreddhi tan paweteng yyaya mebekan, sira ta pinaka tasiking rat kabeh, pinanganira sari-sari, awakira sira ta pinaka don sang wiku, sira ta sang luputing bayu, apan bayunira ikang bayu, luputing sabdha, apan sabdhanira ikang sabdha, luputing hidhep, apan bayu, luputing sabdha, apan sabdhanira ikang sabdha, luputing hidhep, apan
15b hidhepira ikang -/- hidhep, luputing tutur, apan tuturira ikang tutur”.
Mangkana ling sang yayah.
Matakwan muwah sang Saptati, lingnira: “Mapa rahira Sang Manon? Yan luput sakeng bhuwana sarira, muwang tan waluya nira muwah,purnna bhawa, apan kawah ngaranya ikang sarira”.
Sumahur sang yayah, lingnira: “Aum anaku sang Saptati, kineleng kawah Sang Manon, ya mawak masarira, tan milu papa sira, ndan sarira nira juga manghidhep pancagati sangsara, nihan upamanya, kadyangganing ula tugelen patelunen, sing molah tuduh Sang Manon hane ri ya, yan molah tatelu ika unggwan Sang Manon, pegat karika Sang Manon, taha, tan pegat ika Sang Manon, ndah sarira niira juga pegat mangemasi pancagati sangsara, kalinganya, kadi papaha karika Sang Manon, yan tan hana atutur hidhep ri sira, kadi kahidhepa ikang suka duhka, -/- wruh pwa kita yan pinaka papa Sang
16a. Manon, ikang tutur hidhep, away ta tutur tinuturaken, away ta hidhep hingidhepaken, ndah kapanggih tang kamoksan, apan tan kabukti ikang hala-hayu, paran kabhukti ya?, paran pamukti ya?, apan hana tutur hidhepira Sang Manon, apan huwus tuminggalaken drebyanira, sira ta haneng anta hrddhaya ngaranya, patengah-tengahing hala-hayu, sira ta haran si Anu, yata si Anuman ngaranya, mapa dening paduka si Anu, apan manuduh, apa dening tuminghata si Anu, apan tuminghal, wruh pwa kita sang Saptati, aywa ta mangucap angajaraken, hana inajaraken ta, hana pinaka papanta, norana inajaraken ta, nora pinaka papanta.
16b. Kalinganyanakku, sang Saptati, wruh pwa yatna heneng -/- lakonira norana palaning angucap, teher lagi mangucap aran ika, tasmat huwus karyyanta sang Saptati, aywa angucap akedha, ajambat, huwus ta samaptha krettha samayaning warah kita sang Saptati, kapanggih ta kang kanirasrayan, guru maryyaguru, sisya mari sisya, katemu suksma ta”
Umandhem anembah ta sang Saptati, ri padanira sang yayah, sang apatra Dhangdhang Bang Bungalan, sang aparab tan len, “sampun mangke karengo wekasing lebhu talapaknira pwangkulun, apadhang awa agantaran mangke manah iranakira pwangkulun”.
Om Nama Buddhaya
Iti Dhangdhang Bang Bungalan, tatwa Buddha.
B. Esensi Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan
Alkisah ada seorang pendeta yang bertapa di kerajaan, seorang yang ingin meninggalkan kenikmatan duniawi, seorang yang berusaha kembali ke alam yang sesungguhnya yang suci hening dengan nama sang Dhangdhang Bang Bungalan, nama lainnya adalah sang Tan Len. Beliau memiliki seorang putri, anak yang sangat disayang dan dimanja, masih remaja dan sangat cantik bernama sang Saptati. Sang Saptati datang menghadap seraya menyembah ayahnya yang sangat dihormatinya, menanyakan seluruh maksud ilmu pengetahuan termasuk nama masing-masing ilmu pengetahuan. Dan yang terpenting adalah tujuan hidup seorang wiku. Ayahnya yang juga seorang wiku memberikan jawaban tentang hakekat yang menjadi dasar dan tujuan keyakinan seorang wiku.
Atas pertanyaan itu maka Dhangdhang Bang Bungalan menjawab. Hawasanya ada dua jenis keyakinan yang dianut oleh seorang wiku yang kabuddhayan dan kanirasrayan.
Kabuddhayan sebagai suatu jalan untuk mencapai niskala, memiliki banyak aliran yaitu:
1. Jnana kabuddhayan : berpusat pada baik buruknya perbuatan
2. Mahasadhaka : melaksanakan ajaran Bhairawa diatas kuburan
3. Siddhanta : melaksanakan brata
4. Homa Yajna : pemujaan terhadap Sanghyang Siwagni
5. Sandhi Kapatin : ada yang dengan Trisandhya atau ada yang dengan memakai bhasma
6. Ada aliran denga makan bunga-bungaan, kunir, lauk, garam arang disertai dengan merapal mantra dan mudra
7. Utpati Kajanma : memusatkan pikiran pada obyek kenikmatan sanggama
8. Ajnana : menguasai mimpi
9. Yoganta : melaksanakan Samadhi
10. Agnuttarapada : berpikiran mulia, berdana punia
11. Kabuddhayan Jnana : mengejar kekuasaan
12. Nirbhana Laya : tinggal di hutan dengan bersandar di pohon untuk memperoleh kegaiban sampai berbadan Bhatara.
13. Janma Sangketa : berpangkal pada baik-buruknya perbuatan
14. Anilatmaka : menguasai pernafasan
15. Mayatmaka : pengendalian pikiran untuk mencapai alam sunya taya.
Aliran-aliran tersebut akan dapat mengantarkan orang lahir kembali (reinkarnasi) karena masih ada harapan-harapan dalam pikiran pada saat pelaksanaanya. Sebaliknya agar tidak terlahirkan kembali adalah dengan kanirasrayan, ketidakterikatan, puas dengan penjelmaanya.
Seseorang disebut wiku sejati bukan karena:
1. Kasakti : kesaktian
2. Manowijnana : kepandaian
3. Mohitam : keluguan
4. Masuranca : keberanian
5. Naskuli : tidak beristri
6. Nancanigraha : beristri
Yang disebut wiku sejati adalah wiku yang dirinya diliputi oleh Jnana Tiga, yaitu: sabda, bayu dan idep. Dengan sabda, bayu, dan idep ia melaksanakan yoga.
Ada enam tingkatan yoga, yaitu:
1. Dharana Yoga : pengendalian diri
2. Patyahara : pengendalian perasaan
3. Samadhi yoga : pikiran dijauhkan dari obyek duniawi
4. Dhyana yoga : pikiran tenang dan hening
5. Tarkka yoga : kecerdasan
Pancabayu, yaitu:
1. Bayu prana : ada di jantung untuk hidup
2. Bayu apana : ada di kantong kencing, untuk berdenyut-denyut, takut dan mencium
3. Bayu udana : ada di ubun-ubun, untuk mengerdipkan mata, kening dan menumbuhkan rambut
4. Bayu byana : ada pada setiap sendi,menumbuhkan badan, menuakan badan
5. Bayu samana : ada dihati, membuat keteg-keteg, takut
Disamping pancabayu di atas, masih ada pancabayu yang lain yaitu:
1. Bayu naga : ada dalam tubuh, untuk menggeliat dan berdiri
2. Bayu kumara : ada dalam tubuh untuk berkedut
3. Bayu dewadatta : ada dalam tubuh untuk menguap dan mengantuk
4. Bayu krkara : ada dalam tubuh untuk bersin-bersin
5. Bayu Dhananjaya : ada dalam tubuh untuk mendorong dan menahan
Gabungan kedua Pancabayu itu menjadi Dasabayu.
Kemudian akan dijelaskan tentamg Pancatma beserta tempatnya di dalam tubu, seperti berikut:
1. Atma : berada dihati, untuk berpikir
2. Paramatma : berada di mata, untuk melihat yang baik dan buruk.
3. Wiratma : ada di lidah, untuk merasakan makanan dan minuman
4. Suksmatma : ada di telinga, untuk mendengar suara
5. Cetatma : berada di hidung, untuk mencium bau harum atau busuk
6. Antaratma : berada dikulit, untuk merasakan panas dan sejuk
Dasendriya:
1. Cakswindriya : pada mata
2. Srotendriya : pada telinga
3. Granendriya : pada hidung
4. Jihwendriya : pada lidah
5. Twakendriya : pada kulit
6. Panindriya : pada tangan
7. Padendriya : pada kaki
8. Karmendriya : pada kemaluan/alat kelamin
9. Paywendriya : pada anus
Sang Manon adalah pemilik Tiga Jnana (sabda, bayu dan idep). Perwujudannya ada pada semua mahluk hidup. Dengan sadhana Tiga Jnana, Ia (Sang Manon) menghidupi semua mahluk hidup. Meskipun keberadaanya ada pada semua mahluk hidup, tetapi sangat sulit untuk diketahui karena Ia bersifat:
1. Wicaksuh sat : tidak dapat dilihat dengan mata
2. Wisrutinam : tidak dapat didengar dengan telinga
3. Winaksika : tak tercium dengan hidung
4. Wiwarrttyate : tak dapat disebutkan dengan kata-kata
5. Wisaryyam : tidak dapat dirasakan
6. Wirupam : tidak berwujud
7. Widharinam : tidak dapat dipegang
8. Wigatah : tidak bisa mati
9. Wijiwitam tattwam : tak terhidupi
Tri rahasya (tiga yang bersifat rahasia) adalah merupakan perwujudan Sang Manon itu adalah Siwa, Sadasiwa dan Paramasiwa. Sang Manon bagaikan burung yang terbang tanpa sayap, lari tanpa kaki, melihat tanpa mata, menedengar tanpa telinga, mencium tanpa hidung, berkata tanpa mulut, merasakan enam rasa tanpa lidah, memegang tanpa tangan, berjalan tanpa kaki, tanpa alat kelamin, tanpa anak, Ia sejahtera (kenyang) tanpa perut tetapi selalu kenyang, Beliau sebagai lautnya alam semua. Sari-sari badanNya dimakanNya . Beliaulah yang menjadi tujuan sang wiku. Bentuk penyatuanya dengan makhluk hidup diumpamakan sebagai seekor capung yang hinggap pada sesuatu, namun kehinggapanya itu tidak akan mengubah dirinya menjadi seperti sesuatu yang dihinggapi itu. Tinggal pada angin tetapi tidak menjadi angin, tinggal dalam suara tidak menjadi suara, tinggal dalam kesadaran tidak menjadi kesadaran, karena Ia adalah wujud dari kebebasan.
Kesimpulannya, Sang Manon adalah jiwa semesta yang bebas dari kualitas apapun. Ia adalah tujuan dari wiku sejati.
C. Proses Komunikasi dalam Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan
Proses komunikasi yang terjadi dalam lontar ini dimulai dari sang Saptati menghadap ayahnya sang Dhangdhang Bang Bungalan untuk menanyakan seluruh maksud ilmu pengetahuan, termasuk nama masing-masing pengetahuan untuk menghilangkan keragu-raguannya. Metode yang digunakan dalam komunikasi ini adalah dialogis, sang Dhangdhang Bang Bungalan sebagai komunikator menyampaikan ajaran agama secara verbal kepada anaknya sang Saptati sebagai komunikan.
D. Benih-benih komunikasi dalam Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan
Di dalam lontar disebutkan Dhangdhang Bang Bungalan menjelaskan bahwa ada dua kelompok keyakinan yang dianut orang, yaitu aliran yang tergolong kabuddhayan dan aliran yang tergolong kanirasrayan. Ajaran yang tergolong kabuddhayan adalah semua jenis ajaran yang diamalkan penganutnya untuk kepentingan duniawi, antara lain untuk untuk mendapat kesaktian, kekayaan, kewibawaan, kekuasaan dan keturunan. Semua jenis ritual yang dilakukan seseorang apakah itu homayadnya, dana punia, tapa-brata, trisandhya, yoga atau ritual lainnya selama itu dilakukan atas motif keduniawian adalah ajaran yang menyebabkan penganutnya semakin terbelenggu dan berulang kali tumimbal lahir. Pikirannya yang penuh harap itulah yang menyebabkan seseorang itu jatuh sengsara. Benih komunikasinya adalah kita sebagai manusia yang sadar akan diri sebagai atma bukan badan hendaknya segala yang kita perbuat di dunia ini untuk menyenangkan hati Tuhan tanpa ada motif harus mendapatkan sesuatu yang berkaitan dengan kesenangan duniawi. Memuja Beliau dengan tulus ikhlas, apabila diberi sesuatu kita terima dengan mengucap syukur, jika tidak jangan menuntut, apalagi mengatakan sudah rajin sembahyang tetapi nasib selalu sial. Saat kita sadar bahwa kita atma semua kenikmatan duniawi tidak akan mengikat kita, karena tujuan sesungguhnya hidup sebagi manusia bukan itu tetapi kesempatan berkarma supaya bisa menyatu dengan Tuhan, terbebas dari punarbhawa (siklus kelahiran kembali). Mencapai kelepasan dan tidak terlahir kembali inilah yang diajarkan dalam sistem kepercayaan kanirasrayan.
Sistem kepercayaan kabuddhayan sebagai suatu jalan untuk mencapai niskala, memiliki banyak aliran salah satunya adalah Jnana kabuddhayan yang berarti berpusat pada baik buruknya perbuatan. Disini terdapat benih komunikasi tentang pentingnya kita sebagai manusia selalu mengendalikan diri supaya dapat mengontrol perbuatan dan mengusahakan selalu berbuat baik dal;am kehidupan ini. Kesempatan hidup menjadi manusia hendaknya digunakan untuk memperbaiki diri, jika perbuatan kita yang tadinya kurang baik dapat diperbaiki menjadi lebih baik. Itulah keutamaan menjadi manusia memperoleh kesempatan untuk memperbaiki semua kekurangan dan kelemahan. Terlahir sebagai manusia itu sebenarnya tidak lama, manfaatkanlah untuk merubah penderitaan dengan selalu berbuat baik agar bisa masuk sorga. Laksanakanlah ajaran agama agar terbebas dari penderitaan dan bencana. Melaksanakan ajaran dharma akan melebur semua dosa. Disamping itu berbuat baik akan menyebabkan cita-cita dan keinginan lebih mudah tercapai. Patut diketahui pula bahwa jika kelak kita meninggal dunia, maka keluarga hanya akan mengantar kita sampai di kuburan. Yang menyertai ke akhirat adalah karma atau perbuatan baik maupun perbuatan buruk kita selama menjadi manusia di dunia ini.
Sistem kepercayaan kabuddhayan lainnya untuk mencapai niskala adalah Homa Yajna yang berarti melakukan yajna atau pemujaan terhadap Sanghyang Siwagni. Benih komunikasinya yakni beryajna dalam hidup ini memiliki hasil (phala) yang sangat utama bagi umat manusia. Yajna pahalanya adalah kesucian diri, pembebasan diri dari segala yang salah atau dosa, penyatuan diri dengan Tuhan, memiliki sikap dan sifat sattwam (bijaksana, cerdas, arif, mulia dan berpikiran luhur), hidup bahagia secara perorangan dan kebersamaan, dan hidup rukun dalam komunitas yang majemuk. Selain itu bahwa pahala beryajna adalah untuk membangkitkan rasa bhakti ( pengabdian) dan sraddha (keyakinan dan kepercayaan) kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tidak hanya itu, dengan beryajna bahwa umat manusia dapat mengharmoniskan diri dengan Tuhan, mengharmoniskan diri dengan sesame manusia, serta mengharmoniskan diri dengan kondisi dan situasi dimana kita berada, terutama adaptif dengan lingkungan atau adat istiadat setempat. Konsep ini berkaitan dengan pentingnya keharmonisan hidup manusia yang bersumber dari tiga hal yang dinamai Tri Hita Karana (tiga penyebab kebahagiaan).
Pertanyaan sang Saptati dengan ayahnya Dhangdhang Bang Bungalan yang menanyakan apa yang dapat dipakai untuk mengetahui seorang wiku sejati atau tidak? Ayahnya menjawab sesungguhnya tidak ada ukuran yang dapat dipakai untuk menentukannya. Bukan karena kehebatan dan kesaktiannya dapat disebut wiku sejati . Ada cirinya seorang wiku sejati jnana tiga-nya yakni bayu (nafas), sabdha (suara) dan idhep (pikiran) tidak dibiarkan untuk menguasai dirinya. Benih komunikasinya kita harus mampu menguasai jnana tiga supaya menjadi manusia yang lebih tenang dalam menghadapi situasi apapun dalam kehidupan ini. Apabila sudah dapat menguasai jnana tiga dikatakan sudah melaksanakan yoga. Ada enam yoga yang disebut Sadangga yoga yaitu:
1. Pratyahara yoga (penarikan diri) artinya penarikan indriya dari obyeknya dengan upaya dan pikiran yang tenang. Semua indria harus ditarik dari obyeknya. Citta, buddhi dan manah tidak dibolehkan bergerak ke sana ke mari, ia harus dijaga oleh citta yang murni.
2. Dhyana yoga (meditasi) adalah yoga yang terus menerus memusatkan pikiran kepada suatu bentuk yang tidak berpasangan, tidak berubah, damai dan tidak bergerak. Pengetahuan yang tidak berpasangan, tidak berubah, indah dan tenang, tetap stabil tanpa selubung yitulah Dhyana yoga.
3. Pranayama yoga (pengaturan nafas) ialah menutup semua jalan keluar dan mengambil kekuatan dari udara dan mengeluarkan nafas dari batok kepala (pada saat meninggal). Semua jalan keluar harus ditutup, mata, hidung, mulut, dan telinga. Nafas yang telah ditarik dikeluarkan melalui batok kepala. Jika orang tidak mengeluarkan nafas dengan cara ini maka nafas akan keluar dari hidung. Tetapi ia hanya mengeluarkan sebagian kecil dari nafas itu.
4. Dharana yoga (kesadaran indriya) tidak diberikan pada objek kesenangannya. Hanya dikendalikan. Berhenti menyadari objek kenikmatannya. Dijumpailah rasa dari tidur tanpa mimpi olehnya.
5. Tarka yoga (renungan) ialah terus menerus memusatkan pikiran kepadaNya yang wujudnya sangat halus, tetap, tenang dan hening.
6. Samadhi yoga (konsentrasi) ialah terus menerus merenungkan-Nya, pikiran dibuat semakin mengecil (halus) terpisah dengan dunia oleh karena itu kemulyaan jiwa tercapai.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan tentang Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan dapat disimpulkan sebagai berikut
1. Esensi Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan adalah naskah tutur yang pada intinya menjelaskan tentang adanya dua sistem kepercayaan yaitu kabuddhayan dan kanirasrayan. Kabuddhayan sebagai suatu jalan untuk mencapai alam sunya, tetapi masih terjadi proses inkarnasi karena masih adanya harapan-harapan dalam pelaksanaannya. Kanirasrayan adalah suatu jalan untuk mencapai kalepasan dengan tidak terlahirkan kembali.
2. Di dalam Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan terjadi proses komunikasi dengan metode dialogis yakni komunikasi verbal antara seorang ayah dengan anaknya, Sang Dhangdhang Bang Bungalan dengan sang Saptati. Komunikasi terjadi berawal dari keragu-raguan sang Saptati kemudian menanyakan tentang seluruh maksu imu pengetahuan dan nama masing masing pengetahuan. Begitu juga tujuan hidup seorang wiku. Berawal dari pertanyaan itu dimulailah dialog yang cukup hidup. Sang Saptati sebagai murid yang patuh dan kreatif dan Dhangdhang Bang Bungalan sebagi guru yang bijak.
3. Terdapat banyak benih-benih komunikasi dari Lontar Tatwa Dhangdhang Bang Bungalan yang masih sangat relevan diaplikasikan dalam kehidupan zaman sekarang. Yang paling pokok adalah menyadari diri kita bukan badan kasar ini, tetapi adalah sang Manon (Atma). Ia gaib sangat sulit dijumpai, inilah yang menjadi tujuan hidup wiku sejati. Cara mencapainya adalah dengan melakukan penyengkalan diri, menyadari bahwa tidak ada sesuatu apapun yang menjadi milik seseorang. Semua yang tamapak dalam wujud beraneka raga mini adalh milikNya dan akan kembali kepadaNya, tidak ada yang abadi di dunia ini.
Komentar
Posting Komentar